Apa itu Rank Brain?

RankBrain adalah kecerdasan buatan atau artificial inteligent (AI) yang merupakan learning machine yang menangani dan mengelola sebagian besar dari permintaan pencarian yang masuk Google dan mengubahnya menjadi hasil pencarian.

Hingga saat ini, permintaan pencarian Google telah disortir, diproses dan ditangani oleh algoritma Hummingbird, sistem pencarian Google ini sangat terkenal, dan sementara RankBrain tidak sepenuhnya ditetapkan untuk menggantikan Hummingbird, algoritma ini hanya menyajikan serangkaian perubahan penting untuk bagaimana orang mencari dan dicocokkan dengan informasi yang relevan.

Pada dasarnya algoritma rankbrain ini merupakan parameter yang digunakan Search Engine Google untuk menyusun hasil pencarian berdasarkan apa yang dicari oleh calon pengunjung.

Algoritma yang mampu “Belajar”

RankBrain adalah sistem dengan kecerdasan buatan yang tertanam di dalamnya. Sistem ini mampu memproses berbagai macam variasi dari query Google karena kemampuan untuk “belajar” tersebut. Hasilnya bisa terlihat dari respon terhadap long-tail keyword. Sistem ini mampu mengerti arti di setiap balik kata. RankBrain memodifikasi query yang bermasalah dengan mempelajarinya dan menghasilkan jawaban yang lebih pasti. Para ahli yakin bahwa RankBrain bekerja pada saat yang bersamaan dengan Hummingbird walaupun masing-masing memproses query secara terpisah.

Keuntungan dari Rankbrain

Sebagai awalan, RankBrain akan mengikuti alur pikiran dari pengguna mesin pencari. Lalu akan membantu pengguna dalam menyediakan hasil pencarian dengan mempertimbangkan berdasarkan query sebelumnya. Sebelum RankBrain diimplementasikan, hasil pencarian akan terpusat pada kata yang diketikkan ke dalam kotak pencarian. Akan tetapi, setelah implementasi dari RankBrain, Google menyadari bahwa user membutuhkan jawaban langsung dari pertanyaan yang diajukan. Kepandaian RankBrain tidak berhenti sampai di sini. RankBrain mengerti arti dari kata-kata di dalam sebuah kalimat. User bisa memasukkan query yang panjang untuk menanyakan sesuatu, dan akan mendapatkan jawaban langsung dan lebih terinci. Di masa depan, Google akan menjadi lebih manusiawi untuk bisa mengerti kebutuhan dari usernya.

No Comments
Post a Comment