Excela Indonesia

Tips Memaksimalkan Media Sosial Dalam Bisnis

 

Tips Memaksimalkan Media Sosial Dalam Bisnis

Di zaman yang serba modern sekarang ini tentang kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya social media yang hampir seluruh orang mempunyai salah satu yang nama nya social modia dan sekarang ini social media sangat lah  cara ekfektif untuk memasarkan suatu bisnis yang kita punya karena peluang untuk berbisnis di media social sangat lah besar sekali. Nah kali ini saya akan membahasnya bagaimana tips memaksimalkan media social dalam bisnis. Yang tentunya akan membuat kalian bertambah ilmu dan pengetahuan.

Dan tak hanya itu saja media sosial juga dapat menjadi media bagi konsumen untuk menyampaikan kritik dan saran yang nantinya dapat membantu mengembangkan bisnis yang dijalankan agar menjadi lebih baik. Dengan begitu, Anda nantinya bisa menjadi lebih dekat dengan konsumen. Lalu, apakah semua media sosial wajib dimiliki untuk bisnis yang Anda jalankan? Oke tentu saja tidak. Karena  terlalu banyak penggunaan media sosial tentunya akan cupup menyulitkan dan membingungkan nantinya. Untuk itu, pilih satu atau lebih media sosial yang dirasa sangat tepat untuk bisnis Anda. Sebagai pertimbangannya, Kalian bisa melihat nya di bawah ini:

  • Siapa Target Pemasaran Bisnis Kalian?

Setiap media sosial tentunya memiliki demografisnya sendiri sehingga sebagai pemilik bisnis tentunya Anda harus memilih dengan bijakagar. Anda bisa mencoba untuk menentukan terlebih dahulu target pasar bisnis Anda. Target pasar akan sangat memengaruhi pemilihan media sosial yang tepat untuk bisnis Anda agar target penjualan tercapai.

Semisalnya, untuk target remaja, Anda bisa memilih media sosial, seperti Youtube, Instagram, Snapchat, dan Vine. Untuk target kaum profesional dan pebisnis, tentu saja media sosial yang dimiliki harus berada di jaringan profesional semisal Linkedln. Sementara target pasar yang berada di luar kota, bisa menggunakan Facebook menjadi sarana yang cukup efektif. Untuk target blogger dan influencer, gunakan Blog dan Instagram.

  • Menggunakan media social berdasarkan Jenis nya

Yang kedua yaitu menggunakan sosmed berdasarkan jenis nya. Tak hanya melihat dari target pasar, penting pula memilih media sosial yang memang cocok dengan jenis bisnis yang dilakukan. Dengan begitu, konten dan layanan yang Anda tawarkan menjadi lebih tepat sasaran.

  • Memilih media social yang cocok dengan Bisnis

Dan yang ke tiga yaitu memilih medsos yang cocok dengan bisnis. Setiap strategi pemasaran yang baik tentu saja memiliki konsep marketing yang jelas. Yang dimaksud dengan konsep marketing adalah konsep tema yang digunakan untuk pemasaran bisnis yang digunakan untuk menarik target pasar. Hal ini juga penting untuk Anda terapkan dalam strategi pemasaran yang melalui media sosial. Misalnya, bila Anda memiliki konsep pemasaran yang lebih fokus kepada sharing informasi yang ada di blog, menggunakan Facebook merupakan salah satu cara yang efektif. Hal ini karena Facebook sering kali digunakan sebagai tempat sharing konten dalam bentuk blog.

Bila Anda memiliki konsep pemasaran yang lebih fokus pada foto-foto produk/jasa yang ditawarkan, menggunakan Instagram, Pinterest, dan Path menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena media-media sosial tersebut lebih fokus pada konten berbentuk visual dibandingkan teks. Sementara bila Anda memiliki konsep pemasaran yang lebih real time semisal industri media, penggunaan Twitter menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal ini karena Twitter mempermudah penggunanya untuk mencari tahu mengenai informasi dan berita yang real time.

Mungkin Hanya segitu yang dapat saya tulisakan kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengamalkan ilmu yang di dapat dan baca terus artikel lainnya.

No Comments
Post a Comment

WhatsApp WhatsApp us !