Excela Indonesia

Media Sosial sebagai Platform Dalam E-Commerce

Seperti kita ketahui bersama bahwa pengguna media sosial semakin hari semakin menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Jumlah pengguna media sosial yang menunjukkan peningkatan secara signifikan mengakibatkan penambahan fungsi tersendiri dalam penggunaan media sosial tersebut. Jika sebelumnya media sosial digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman atau keluarga, kini media sosial sudah dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbisnis. Hal ini didukung dengan masuknya media sosial ke dalam e-commerce yang memiliki pasar yang cukup besar.

Pelaku usaha yang menggunakan sarana media sosial sebagai pendukung bisnisnya tidak hanya berasal dari golongan korporat saja, tapi juga dari personal yang jumlahnya cukup besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang yang menyadari akan peluang media sosial serta kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial yang dapat mendukung bisnisnya. Sehingga banyak orang yang beramai-ramai menggunakan media sosial sebagai sarana pendukung bisnisnya.

  • Media Sosial sebagai Pemicu Perilaku Belanja Online

Pada dasarnya di dunia internet, e-commerce dan media sosial memiliki fungsi yang berbeda. Media sosial memiliki fungsi untuk menerima dan menyalurkan informasi serta berkomunikasi dengan orang lain. Sementara e-commerce berfungsi sebagai media jual-beli online, sarana yang mempertemukan antara penjual dan pembeli di dunia maya. Namun seiring dengan pertumbuhan pengguna media sosial , maka terjadi pergeseran yang akhirnya membawa pengguna medsos ke e-commerce meski dalam jumlah yang masih kecil.

Seperti pada Facebook yang menghadirkan fitur fanspage atau group dimana fitur ini banyak dimanfaatkan oleh korporat atau online shop untuk menjalankan bisnisnya. Jumlah pengguna Facebook yang sangat besar dimanfaatkan sebagai sarana promosi atau menyebarkan informasi produk suatu bisnis online. Penyebaran informasi yang cepat dan kemudahan berbelanja secara online inilah yang memicu pertumbuhan perilaku belanja online.

  • Fitur Baru Dari Media Sosial Semakin Mendukung

Pergerakan ini semakin besar dengan dukungan penambahan fitur pada media sosial itu sendiri. Seperti halnya Facebook, yang beberapa bulan yang lalu mengumumkan fitur baru pengiriman uang melalui Messenger. Fitur ini mengubah Messenger menjadi dompet digital untuk penggunanya. Tak berhenti di situ saja, layanan Messenger juga bekerja sama dengan Uber.

Dengan kerjasama itu memudahkan para pengguna untuk memesan layanan transportasi melalui aplikasi ini. Masih ada lagi, Facebook juga ternyata telah menguji “Buy Button” atau “Shop Section” pada halaman utamanya. Kehadiran fungsi-fungsi dompet digital semakin mendorong media sosial menjadi marketplace baru yang potensial.

Dan ternyata pelengkapan-pelengkapan fitur yang mendukung dalam pemonetisasian media sosial ini tak hanya dilakukan oleh Facebook saja. Fungsi-fungsi yang serupa yang dimiliki Facebook mulai ada juga pada media sosial yang lain seperti #Twitter dan Pinterest. Kedua jejaring sosial ini tampaknya tak mau tinggal diam saja dan tertinggal dari yang lain. Mereka juga mulai memanfaatkan fungsi-fungsi komersial untuk memonetisasi bisnis mereka.

  • Peluang Media Sosial sebagai Platform E-commerce

Meski media sosial saat ini dinilai sebagai pemicu yang cukup ampuh dalam mempengaruhi minat belanja masyarakat, namun beberapa pihak masih meragukan dengan fungsi media sosial sebagai e-commerce. Saat ini media sosial masih sampai pada tahap sebatas menyampaikan informasi terkait produk yang sedang populer. Untuk produk reguler, masyarakat dinilai masih lebih percaya menggunakan ecommerce yang sudah ada sebelumnya.

Media sosial masih membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri agar menjadi e-commerce dengan basis sistem informasi yang sudah ada didalamnya. Fitur-fitur yang ada pada media sosial masih membutuhkan berbagai penyempurnaan fungsionalitas seperti yang sudah ada pada e-commerce. Meskipun demikian, peluang perubahan platform pada media sosial ini masih terbuka. Mengingat adanya penambahan fitur-fitur baru yang disediakan secara berkala yang pada akhirnya dapat mendukung fungsi e-commerce.

No Comments
Post a Comment

WhatsApp WhatsApp us !