Excela Indonesia

Cara Membangun Brand Dengan Media Sosial

Seperti yang Anda tahu, media sosial telah menjadi sebuah channel yang semakin popular dalam dunia marketing bagi hampir semua jenis usaha. Tetapi, untuk bisnis yang baru terjun ke dalam media sosial, tentu akan terasa sedikit membingungkan mana platform dan strategi yang cocok untuk bisnis Anda. Bahkan mungkin Anda masih ragu-ragu apakah media sosial tepat untuk strategi pemasaran bisnis Anda.

Berikut ini semua hal yang Anda perlu ketahui tentang penggunaan media sosial untuk membangun brand Anda:

  1. Tentukan tujuan social media engagement Anda

Apa fokus utama Anda berpartisipasi dalam media sosial? Apakah Anda ingin mengumpulkan leadsdan meningkatkan penjualan? Ataukah Anda ingin membangun dan memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan? Setiap brand harus punya tujuan yang jelas agar dapat menentukan arah aktivitas media sosial yang dapat menunjang bisnis.

  1. Pilih platform yang mendukung brand image Anda

Ada banyak sekali platform media sosial yang tersedia di luar sana. Dan Anda sebenarnya tidak perlu menjajali semua media sosial tersebut. Cukup pilih platform yang mendukung tujuan Anda dan memberikan pengaruh yang berarti pada pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih berdasarkan dimana biasanya pelanggan dan target pasar Anda paling banyak berkumpul.

  1. Pertahankan konsistensi di setiap platform

Walaupun tone dapat berbeda untuk setiap platform, Anda perlu menjaga konsistensi tema dan konten yang Anda pakai pada keseluruhan media sosial yang Anda pilih. Konsistensi membuat brand Anda menjadi lebihmemorable. Tentu Anda ingin brand Anda selalu diingat oleh pelanggan Anda, bukan?

  1. Sajikan konten yang bermutu dan shareable

Apa artinya? Bagikan konten yang menghibur, mengedukasi, dan juga dapat membantu memecahkan masalahfollower/pelanggan Anda. Yang terpenting, bagikan konten yang memang ingin di-share oleh mereka kepada keluarga dan kerabat mereka yang ada di media sosial. Dengan memberikan konten yang berguna bagifollower Anda, Anda dapat menciptakan reputasi yang lebih kuat.

  1. Dengar dan respon

Manfaatkan media sosial Anda untuk memberikan customer service bagi pelanggan Anda yang ada di sana. Dengar semua yang disampaikan oleh pelanggan Anda dan respon sesegera mungkin dengan balasan yanghelpful jika diperlukan. Tanggapi setiap feedback yang masuk, baik positif dan negatif. Tunjukkan bahwa Anda sangat menghargai setiap pelanggan Anda.

  1. Bangun hubungan dengan influencer

Cara ini bisa Anda lakukan terutama jika Anda masih baru atau belum punya nama besar. Coba libatkaninfluencer yang berkaitan dengan bisnis Anda dalam aktivitas media sosial Anda, seperti mention mereka atau konten mereka dalam post Anda. Dengan begitu, mereka akan terdorong untuk menyebarkan brand atau konten Anda dengan follower mereka. Keuntungannya bagi Anda? Anda mendapatkan promosi gratis ke forum yang lebih luas dan kemungkinan memperoleh pelanggan baru.

No Comments
Post a Comment

WhatsApp WhatsApp us !